Kamis, 08 Oktober 2009

Membuat Animasi Dengan Ms. Word

Sering kita dengan kata ANIMASI di sekeliling kita, Animsi menggambarkan objek yang bergerak agar keliatan hidup. Membuat animasi berarti menggerakkan gambar seperti kartun, lukisan, tulisan dan lain-lain. Animasi mulai dikenal sejak media televisi mulai menyajikan gambar-gambar bergerak yang berasal dari rekaman kamera maupun hasil karya seorang animator. Animasi sangat baik untuk presentasi, pemodelan, dokumentasi dan lain-lain. Film animasi kartun yang sering muncul di layar televisi sangat menarik untuk ditonton baik ditingkat anak-anak, remaja bahkan sampai dengan yang dewasa.

Banyak perangkat lunak yang ditawarkan untuk mendukung pembuatan animasi diantaranya : Macromedia Flash, Macromedia Director, Gif Animator, Swish, dll.
Untuk membuat animasi dengan perangkat lunak di atas tentunya diperlukan keahlian khusus, paling tidak harus memahami cara kerja dari perangkat lunak tersebut.

Bagaimana dengan Animasi di MS-Word ?
Microsoft Word merupakan suatu aplikasi editor yang digunakan untuk membuat suatu dokumen yang diciptakan oleh perusahaan software terbesar di dunia yaitu Microsoft. Aplikasi tersebut sering digunakan untuk kebutuhan kantor maupun pribadi, dan mayoritas masyarakat indonesia menggunakan aplikasi tersebut.
Dokumen yang diciptakan oleh banyak orang mungkin kebanyakan terkesan mati (tidak bergerak), sehingga kadangkala membuat orang tersebut bosan untuk membacanya.
Pada tulisan ini saya akan mencoba memberikan langkah-langkah untuk membahas bagaiman cara membuat tulisan atau dokumen yang terkesan hidup (animasi).
Dalam hal ini saya menggunakan Microsoft Word 2003, dan animasi diataranya adalah :
- Blinking Background
- Las Vegas Lights
- Marching Black Ants
- Marching Red Ants
- Shimmer
- Sparkle Text

Langkah – langkah :

1. Buatlah tulisan di Microsoft Word misal : BELAJAR MEMBUAT ANIMASI
2. Lakukan Blok pada tulisan tersebut
3. Klik Menu Format, Font, Text Effects
4. Pilih Jenis animasi pada kotak Animasi.
5. Misal pilihan animasi: Blinking Background
6. Kemudian diakhiri dengan melakukan Klik OK
7. Maka hasilnya text tersebut telah beranimasi blinking background.

oo SELAMAT MENCOBA oo

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

TEMPLATES AND HACKS

lai Copyright © 2009 REDHAT Dashboard Designed by SAER